Breaking News

Rencana Keuangan

 Webinar Series Part V : Rencana Pemasaran dan Rencana Keuangan (2)


REVOLUSIMENTAL.POLTEKPOS.AC.ID, BANDUNG - Dalam sebuah business plan, aspek keuangan menjadi faktor penentu dalam memproyeksikan jangkauan dan keberlanjutan bisnis. Menganalisa sumber dana dan kebutuhan dana yang diperlukan, meneliti seberapa besar pendapatan yang akan diterima jika bisnis  tersebut dijalankan dan memperhitungkan berapa lama investasi atau modal yang ditanamkan akan kembali merupakan langkah-langkah yang harus ditempuh sebagai upaya memaksimalkan konstruksi business plan yang akan kita jalankan. Isu-isu seputar aspek keuangan dalam business plan inilah yang menjadi materi pokok dalam webinar “Strategi Transformasi Digital Untuk Penguatan Business Plan di Era Adaptasi Kebiasaan Baru” di hari ke-5 ini (10/12).

Adapun narasumber yang memberikan materi di hari ke-5 ini yaitu Jaka Maulana, SE., M.Ak., Ak., CA., CPSAK., Y.Casmadi.SE., MM. dan Rima Sundari, SE., M.Ak., Ak., CA.


Paparan Proforma Neraca, Pro-froma Rugi Laba dan Cash Flow 
oleh Jaka Maulana, SE., M.Ak., Ak., CA., CPSAK.

Paparan Sumber-sumber Pendanaan Oleh Y.Casmadi.SE., MM

Paparan BEP, PP, NPV oleh Rima Sundari, SE., M.Ak., Ak., CA.

Para narasumber lebih jauh mengungkapkan peluang-peluang keberhasilan bisnis berdasarkan pengengelolaan aspek keuangan melalui proyeksi keuangan terhadap aliran dana. Aliran dana yang dimaksud diantaranya adalah sumber pendanaan, kebutuhan pembiayaan, Biaya Operasional (biaya tetap dan biaya tidak tetap), Perkiraan Penjualan dan Biaya Langsung, Income Statement, Cash Flow, Balance Sheet dan lain-lain.

Secara keseleluruhan sesi webinar hari ini, cukup menarik dan dapat dijadikan sebagai sumber referensi dalam merancang business plan yang baik. Antusiasme peserta cukup tinggi terlihat dari banyaknya  pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta terkait aspek keuangan dalam business plan.

Dapatkan materi webinar ini dengan mengakses menu WEBINAR MATERIALS atau KLIK DISINI

Kontributor : Yusril Helmi Setyawan