deskripsi gambar

Breaking News

Digital Literature Crowdsourcing Platform Series 4-5 : Penyusunan Konten Populer & Konten Ilmiah

 



revolusimental.poltekpos.ac.id, Bandung - Akhirnya rangkaian terakhir dari workshop di GNRM FEST Pesta Budaya Berbagi Ilmu dimulai di minggu ini. Tepatnya hari Rabu (22/9), materi workshop mengetengahkan topik menarik seputar penyusunan konten populer. Dua narasumber dihadirkan dalam workshop ini. Di sesi pertama, Dr. Erna Mulyati, ST., MT. menyampaikan materinya tentang konten populer berbasis isu-isu kekinian dan di sesi dua, sebagai narasumber kedua, Suparno Saputra SE., MM. mengetengahkan bahasannya tentang bagaimana menyusun konten populer tutorial.

Workshop yang dimoderatori oleh Rima Sundari, SE., M.Ak. ini, menjadi poin penting dalam memberi warna pengetahuan yang dihimpun dalam platform. Setelah minggu sebelumnya materi-materi dalam workshop telah disajikan secara berurutan yaitu tentang konsep budaya berbagi, konsep knowledge based management system, platform untuk berbagi, membentuk karakter profil pembelajar mandiri  dan minggu ini terfokus untuk bagaimana mewujudkan ide-ide dalam bentuk konten.

Melalui workshop ini, penyelenggara mengharapkan adanya pengetahuan lebih yang dapat diperoleh dari penyajian para narasumber. Sehingga para peserta dapat menyusun konten populer secara sistematik dan disajikan pada platform yang disediakan atau platform lain yang tersebar di internet. Menurut Erna Mulyati, konten populer sering menjadi referensi yang paling diminati oleh para pembelajar mandiri untuk menemukan pengetahuan-pengetahuan batu. Penyajian yang ringan membuat konten jenis ini sangat pesat pertumbuhannya di internet termasuk konten yang berbentuk tutorial, sebagaimana yang diungkapkan juga oleh Suparno Saputra.


Disisi lain, pertumbuhan konten ilmiah juga mengalami pertumbuhan yang serupa. Sebagai ajang berbagi informasi tentang perkembangan riset dan penyebaran hasil riset, konten ilmiah juga menjadi rujukan para akademisi untuk saling berbagi informasi. Mengungkap tentang konten ilmiah, tepatnya hari Sabtu (25/9) workshop ke dua minggu ini penyelenggara menyelenggarakan workshop tentang penyusunan konten ilmiah yaitu tentang konten laporan hasil riset dan eksperimen yang disampaikan oleh Dr. Ir. Agus Purnomo, MT. dan tentang konten artikel ilmiah oleh Rolly Maulana Awangga, ST., MT.

Yohanes Casmadi, SE., MM. sebagai moderator dalam paparan pendahuluannya menyampaikan bahwa sesi workshop ini merupakan pola urutan penyajian yang dibentuk untuk menguatkan konten platform. Dari sini, platform dapat menjadi rujukan bagi semua kalangan. Berbagai segmen subscriber dapat memanfaatkan platform berbagi-ilmu.id untuk saling berbagi informasi.

Kehadiran topik-topik workshop di minggu ini menjadi yang dinanti-nantikan oleh para peserta karena merupakan salah satu yang dapat digunakan sebagai inspirasi untuk mengikuti kompetisi kreasi konten yang akan di rilis mulai tanggal 27 September 2021 mendatang. (YHS)


Streaming Youtube Penyusunan Konten Populer



Streaming Youtube Penyusunan Konten Ilmiah