deskripsi gambar

Breaking News

Digital Literature Crowdsourcing Platform Series 3 : Surfing Cerdas Gaya Pembelajar Mandiri


Paparan Supono, ST., MT. (Narasumber 1)

revolusimental.poltekpos.ac.id, Bandung - Menginjak minggu ke 3 GNRM FEST Pesta Budaya Berbagi Ilmu makin seru saja. Dua topik disajikan oleh para narasumber yang asyik yaitu tentang Internet & Pembelajar Mandiri dan Penggunaan aplikasi untuk administrasi Kontributor & Subscriber.

Peran internet menjadi sangat nyata di masa pandemi ini. Berbagai aktivitas kehidupan termasuk bidang pendidikan tidak luput dari manfaat yang diberikan oleh internet. Terutama bagi para pelaku di dunia pendidikan baik guru, siswa, dosen dan mahasiswa. Melalui surfing sebagai istilah "berselancar" di Internet dapat melengkapi kebutuhan mereka dalam menemukan sumber-sumber pengetahuan dan wawasan. Namun teknik surfing yang tidak sistematik justru akan menjadi sumber malapetaka jika tidak diimbangi dengan pengetahuan yang memadai tentang bagaimana menggunakannya secara bijak. 

Pada sesi pertama acara yang dimoderatori oleh Dr. Suci Fika Widyana, MM. pagi ini (18/9), workshop menyajikan materi terkait  internet dan pembelajar mandiri oleh Supono, ST., MT.. Narasumber adalah seorang penggiat teknologi yang aktif di berbagai komunitas TIK di Bandung, owner dari sebuah software developer dan aktif sebagai dosen di Politeknik Pos Indonesia. Dalam paparannya, Supono memberikan penjelasan tentang Model Self-Directed Learning berbasis internet dan bagaimana mempersiapkan diri untuk mengimplementasikan model ini agar sesuai dengan tujuan dan hasilnya. "Teknik belajar dengan menghimpun pengalaman belajar secara mandiri melalui internet harus sejalan dan selaras dengan tumbuhnya kedewasaan menemukan sumber-sumber belajar yang tepat di internet" demikian tips yang disampaikannya disela-sela paparan.

Sebagai kelanjutan dari pengenalan fitur berbagi-ilmu.id, sesi kedua menghadirkan Syafrial Fachri Pane, ST, M.TI, seorang relawan TIK, Kepala TIK Politeknik Pos Indonesia yang juga seorang dosen. Sesi ini, Fachri membongkar fitur-fitur kontributor dan subscriber yang disediakan oleh berbagi-ilmu.id dimana pengelolaan konten dan pengaksesan konten menjadi lebih sistematik dan ergonomis. Trik penyajian dengan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan menjadi target paparannya disamping pengenalan sistem kerja dan terminologi-terminologi dalam aplikasi tersebut.

Syafrial Fachri Pane, ST., MT. (Narasumber 2) dan Dr. Suci Fika Widyana, MM.(Moderator)

Workshop kali ini sebaran peserta makin meluas mencapai 92 peserta diantaranya hadir dari perwakilan PT Finnet Indonesia, PT Pos Logistik BO Makassar, PT Permata Adi Nusa, PT ILMCI Indonesia, Universitas Bina Sarana Informatika, Universitas Andalas, Universitas Muhammadiyah Lampung, Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan Jurusan Gizi, FKIP Universitas Muhammadiyah Pakembang, Universitas Mercubuana, STMIK LIKMI Bandung, UBSI, SMK Logistik Sumedang, SMK Negeri 11 Kota Bandung, SMKN 1 Garut, SMAN 1 Kerambitan, SMKN 1 Subang, SMAN 2 Lebong, SMKN 1 Cirebon, SMAN 1 Ngamprah, SMAN 24 Bandung, SMAN 2 Tasikmalaya , SMP Negeri 1 Raman Utara, SMP Negeri 2 Pagar Alam, dan SDN Cibodas 1 Kota Cimahi

Sebagai bentuk apresiasi kepada peserta yang hadir, pihak penyelenggara membagikan 30 voucher kuota internet senilai Rp. 50.000 bagi yang beruntung. (YHS)